Tuesday, May 10, 2011

All About "Sponsored Reviews"

Kali ini aku akan berbagi info untuk kalian yang ingin terjun ke dunia review berbayar atau biasa disebut paid review. Dan SponsoredReviews menjadi tema pada hari ini.

Di antara situs-situs broker paid review, nama SponsoredReviews bukanlah yang pertama. Tapi situs ini dengan cepat masuk dalam jajaran situs broker paid review paling populer di kalangan blogger, terutama blogger Indonesia. Penyebabnya antara lain persyaratan bergabung yang terbilang jauh lebih mudah dibandingkan situs-situs broker paid review yang lain.

Tidak seperti situs-situs broker paid review yang lain yang menyaratkan pagerank blog dan jumlah RSS subscirber tertentu serta harus memiliki nama domain sendiri, atau yang hanya menerima blog berbahasa Inggris, SponsoredReviews adalah yang termudah. Asal blog sudah berumur lebih dari tiga bulan dan ada trafik walau sedikit, kemungkinan besar langsung diterima.

Karena itu, aku merekomendasikan SponsoredReviews bagi blogger newbie yang ingin terjun dalam dunia paid review.

Meskipun begitu, tetap ada perbedaan antara blog ber-pagerank rendah dengan yang tinggi. Pasalnya, beberapa advertiser terkadang hanya menginginkan review dari blog ber-pagerank sekian, ada juga yang hanya mau direview oleh blog dalam kategori tertentu, atau review oleh blog dengan nama domain sendiri. Namun tenang, karena pada umumnya, semua blog dapat ambil bagian dalam penulisan review.

Sistem komisi yang dipakai SponsoredReviews adalah berdasarkan presentase dengan komposisi 65 : 35. Maksudnya, kalian sebagai blogger akan menerima hasil 65% dari nilai review, sedangkan sisanya yang 35% menjadi hak SponsoredReviews selaku perantara alias broker. Jadi, misalnya kalian memperoleh review senilai $100, dari nilai tersebut kalian hanya akan menerima $65 saja.

Komisi akan dibayarkan setiap dua pekan sekali melalui PayPal. Jadi untuk kalian yang berminat ingin terjun dalam SponsoredReviews, kalian harus memiliki account PayPal terlebih dahulu. Tidak ada nilai minimum yang harus dicapai untuk memperoleh komisi. Berapapun jumlah komisi yang kalian kumpulkan selama satu periode tertentu, tetap akan dibayarkan, meskipun hanya sebesar $3.25 (jumlah komisi terkecil di SponsoredReviews). Besar-kecilnya komisi sangat tergantung pada kalian. Semakin kreatif kalian berburu opportunity dan menggarap review, semakin besar pula penghasilan kalian.

Nah, tertarik untuk terjun ke dunia paid review? Mungkin SponsoredReviews perlu kalian coba.

Good Luck!!
Chayyooo!!

1 comment:

bagaimana menurut kalian? jangan segan-segan untuk bertanya atau sekedar berkomentar disini.