Tuesday, May 10, 2011

Google Adsense

Dalam post kali ini aku ingin membahas tentang "Google AdSense". Sempat menjadi fenomena di awal-awal kemunculannya, pamor Google AdSense kini tampaknya kian redup seiring dengan semakin bervariasinya program-program online earning. Meski begitu, program yang disebut-sebut merupakan pionir iklan PPC berbasis relevansi ini masih menjadi idola pawa webmaster dan blogger. Pasalnya, hingga kini belum ada yang bisa menyamai teknologi yang diaplikasikan Google untuk menampilkan iklan-iklan yang relevan dengan isi blog.

kenapa aku merekomendasikan Google AdSense untuk kalian?


Pertama, walaupun dioperasikan oleh situs ternama di jagat internet, AdSense dapat diikuti oleh siapa saja. Tidak peduli kalian adalah seorang newbie ataupun blogger senior, tak peduli kalian mempunyai nama domain dan hosting sendiri ataupun masih memakai blog gratisan, dan tak peduli traffic kalian banyak atau sedikit, Google AdSense membuka pintu keanggotaannya lebar-lebar untuk kalian.

Kedua, iklan-iklan yang ditampilkan Google AdSense memiliki relevansi dengan isi situs. Kalau kalian membuat blog tentang edukasi misalnya, maka Google akan menampilkan iklan-iklan yang berhubungan dengan tema tersebut. Ini tentu sangat mempengaruhi pengunjung untuk mengeklik iklan tersebut, karena pengunjung melihat apa yang ditawarkan iklan tersebut berkaitan dengan apa yang sudah ia baca.

Ketiga, support system Google AdSense sangat banyak, baik yang dikelola oleh Google maupun forum-forum yang diupayakan sendiri oleh para publisher AdSense. Dengan adanya support system ini seperti ini, kalian tidak akan kesulitan mempelajari detail program Google AdSense, mulai dari tips-tips meningkatkan penghasilan, sampai ke masalah pencairan cek.

Ada kelebihan, tentu ada kekurangan. Jika blog kalian masih menggunakan Bahasa Indonesia, tentu sangat sulit untuk kalian diterima sebagai anggota Google AdSense karena sampai saat ini, Google masih belum membuka layanannya untuk blog berbahasa Indonesia. kekurangan kedua adalah, tidak ada angka pasti mengenai besarnya komisi yang didapatkan seorang publisher, tapi kisarannya antara 1 sen sampai 1$ per klik tergantung pada nilai bid kata kunci yang terkandung dalam sebuah iklan dan seberapa sering iklan tersebut tampil sebelum akhirnya diklik oleh pengunjung.

Itulah yang bisa aku jelaskan ke kalian tentang Google AdSense, semoga berguna untuk kawan-kawan semua yang ingin merambah dunia online untuk meraih penghasilan.

Good Luck!! Chayyo!!

8 comments:

  1. hahahaha, betul, ane salah satu publisher Google Adsense. Aq lebih suka pake GA daripada yang lain, sebab iklannya mahal, dan GA sudah terkenal bahwa dia paling banyak digunakan untuk search engine, makanya banyak perusahaan besar yg mengiklankan di google. mantab gan postingannya

    ReplyDelete
  2. yap, dan oleh karena itu account GA sangat diburu oleh blogger-blogger di Indonesia maupun mancanegara, semoga sukses dengan online earningnya.. :D

    ReplyDelete
  3. yupp, berlomba lomba dengan akun GA nya

    ReplyDelete
  4. Hi, Thanks for supporting me..i also supporting great Blog

    ReplyDelete
  5. oh iya sob mau tanya... kalau PIN GA datang nya itu biasanya kpn??

    ReplyDelete
  6. @istiqlal The - Gest : Siap!!

    @www.Quien-sabe.es: You're welcome :D

    @Galura Basa: Biasanya antara 4-6 minggu cz dikirim dari pusat google dengan pos biasa. Jadi harus bersabar :D

    ReplyDelete
  7. yup GA emang ampuh, tapi habis di adsensenya di ad filter kok malah earningny susut ya? padahal trafic lumayan? ada solusi?

    ReplyDelete
  8. @irfina noor: CPC (Cost Per Click) Google Adsense berdasarkan keyword dominan yang ada di blog anda. So, besar kecilnya CPC sesuai dengan tema yang ada di blog. Kalau ingin memperbesar earning coba menggunakan Keyword yang lagi trend lewat google trends, atau pakai HPK. Sukses Sist

    ReplyDelete

bagaimana menurut kalian? jangan segan-segan untuk bertanya atau sekedar berkomentar disini.